Monday 8 February 2010

SBY Dukung JK Selesaikan Konflik Papua


Senin, 08/02/2010 19:15 WIB
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung mantan Wapres yang kini menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, dalam menyelesaikan konflik di Papua. Dukungan disampaikan lewat komunikasi per telepon dan pertemuan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Laksanakan saja Pak JK, kami back-up," kata JK menirukan ucapan SBY kepadanya.

JK mengatakan hal itu di kantor PMI, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Senin (8/2/2010).

Sebelumnya, JK mengadakan pertemuan dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Komisi ingin JK turut membantu menyelesaikan konflik di Papua yang belakangan kian memanas pasca tewasnya Kelly Kwalik, salah satu pemimpin gerakan separatis Papua.

Menurut JK, cara komprehensif untuk menyelesaikan konflik adalah dengan dialog. Untuk sampai ke pelaksanaannya, kata JK, harus dilakukan secara hati-hati dan bertahap dengan berdasar pada data-data.

"Kita pelajari secara detail, baru langkahnya," ujar JK sambil mengatakan usai dialog barulah langkah-langkah pemulihan secara sistematis dilakukan.

Khusus untuk konflik di Papua, JK menaruh perhatian khusus. Pasalnya dengan otonomi khusus dan anggaran yang tinggi, Papua seharusnya sudah bisa memulai pembangunan dan terlepas dari konflik.

"Kita harus lihat lagi konsolidasi pembangunan di Papua," kata JK.

Ia menambahkan, konflik di Papua hanyalah letupan-letupan lokal yang bersifat kasuistis, meski tidak juga boleh dianggap remeh. "Secara umum aman-aman saja, tapi ada letupan. Dan bagaimana mencegah pandangan-pandangan radikal ini penting sekali," ujar JK.

(lrn/nwk)

No comments: